Monday, 18 September 2017

Perbandingan 2 aplikasi berdasarkan 8 golden rules & 6 key interface design

User Experience

User Experience Design atau yang biasa disebut UX Design adalah Proses meningkatkan kepuasan pengguna (pengguna aplikasi, pengunjung website) dalam meningkatkan kegunaan dan kesenangan yang diberikan dalam interaksi antara pengguna dan produk. Lebih mudahnya, UX Design adalah proses membuat sebuah website atau aplikasi yang dibuat menjadi mudah untuk digunakan dan tidak membingungkan ketika digunakan oleh pengguna.
User experience sangat dinamis, seiring perjalanan waktu persepsi yang dirasakan pengguna bisa berubah sejalan berubahnya lingkungan, kebiasaan dan nilai-nilai. Dalam konteks ini user experience yang kita bicarakan adalah bentuk interaksi antara manusia dan komputer (human-computer interaction (HCI)) yang meliputi website, aplikasi smartphone dan aplikasi desktop. User experience disini berkaitan dengan apa yang dirasa oleh pengguna yang berhubungan dengan kemudahanan, kenyamanan, efisiensi, kemanfaatan saat mereka menggunakan web, aplikasi smartphone dan aplikasi desktop

8 golden rules

No.
Konten
Elevenia
Blanja.com
1.
Strive for consistency
Pada website ini menerapkan prinsip consistensy yaitu pada header terdapat fitur pencarian produk dan berbgai menu kategori yang ketika berpindah halaman tidak berubah
Pada website blanja.com juga menerapkan prinsip consistensy yaitu pada header terdapat fitur pencarian produk dan cart, sign in, live Support, download app, dan kategori yang ketika berpindah halaman tidak berubah
2.
Cater to universal usability
Pada website terdapat fitur ganti mode ke versi mobile dan ganti bahasa, dan best seller  sehingga memudahkan pengguna untuk paham
Pada website ini juga terdapat fitur ganti bahasa, promo pilihan, hot product, sehingga memudahkan pengguna untuk paham ketika baru pertama kali berkunjung pada website ini
3.
Offer informative feedback
Pada website elevenia menerapkan prinsip feedback, pada fitur menu dan kategori ketika cursor di arahkan ke menu, teks menu kan berubah menu
Pada website blanja.com juga menerapkan prinsip ini ketika cursor di arahkan pada fitur kategori teks pada kategori akan berubah warna, dan ketika cursor di arahkan ke fitur chart terdapat notif “keranjang belanja saat ini kosong”.
4.
Design dialogs to yield closure
Pada web ini ketika menambahakan produk ke keranjang/cart ketika di klik terdapat notifikasi “Produk telah ditambahkan ke dalam Cart.
Apakah ingin melihat Cart Anda?
” untuk meyakinkan pengguna dalam memilih dan sebagai interaksi
Pada web blanja.com ketika akan memlih produk dan membelinya terdapat dialog untuk memilih warna produk terlebih dahulu.
5.
Prevent errors
Pada menu registrasi terdapat pengisian form dan ketika salah satu kolom form yang tidak terisi maka terdapat notifikasi eror untuk mengisi kolom semua form registrasi.
Pada web blanja.com pada menu login terdapat beberapa kolom form login, jika salah satu kolom tidak terisi maka terdapat pesan eror, “username dan password salah, mohon coba kembali”
6.
Permit easy reversal of actions
Pada fitur cart terdapat menu ubah kuantitas hitung ulang produk yang di pilih, ubah kurir, dan mencancel produk yang udah masuk ke dalam chart.
Pada fitur cart terdapat menu ubah jumlah produk dan mencancel produk yang udah masuk ke dalam chart.
7.
Support internal locus of control
Pada web ini terdapat menyediakan fitur seller office, my store, seller zone yang pengguna bisa mengatur informasi dan aktifitas yang ada di dalam fitur tersebut.
Pada web ini juga terdapat menu sign in untuk di gunakan penggna sebagai pengguna yang terdaftar member dan engguna bisa melakukan edit informasinya.
8.
Reduce short-term memory load
Pada web ini juga menerapkan prinsip ini, pengguna dengan sangat mudah ketika akan membeli suatu produk dengan adanya fitur recommended for you, new seller dan beberapa kategori yang populer, sehingga pengguna dengan mudah mengaksesnya
Pada web ini juga menerapkan prinsip ini, pengguna dengan sangat mudah ketika akan membeli suatu produk dengan adanya fitur promo pilihan, super deals, best seller dan kolom searchin produk sehingga pengguna dengan mudah mengaksesnya


6 Keys Interface Design


No.
Konten
Elevenia
Blanja.com
1.
Visibility
Pada laman web elevenia, tampilan yang disajikan sangat friendly sehingga user dapat memahami dengan jelas tampilan serta mapping yang disajikan tanpa merasa kebingungan.
User dapat mengerti dengan mudah karena kejelasan fisik serta mapping yang tersusun dengan rapih seperti menu yang disertai dengan icon sehingga user dapat mengerti fungsi yang terdapat dalam website tersebut.
2.
Feedback
Feedback yang diberikan oleh elevenia berfungsi dengan baik dalam arti setiap fungsi yang terdapat didalamnya dapat menampilkan aksi yang sesuai. Semua fungsi atau aksi yang diberikan bekerja dengan baik. Contoh : Ketika user memasukkan kata baju dalam fitur pencarian di elevenia, makan aplikasi akan merespon dengan baik yaitu menampilkan seluruh daftar serta kateri baju mulai dari pakaian wanita, pria, anak-anak, paaian olahraga dan lain sebagainya
Respon dari setiap tombola tau aksi yang berada pada website elevenia berfungsi dengan baik sehingga dapat memberikan feedback yang memuaskan pelanggan. Contoh : ketika user mengklik tombol cart yang terdapat pada bagian atas website blanja.com maka situs ini akan menampilkan daftar keranjang belanja yang telah dimasukkan/dipilih oleh user.
3.
Affordance
Contohnya yaitu icon love yang berarti yaitu isi dari wishlist yang telah user tambahkan atau masukkan ke dalam akun nya
Jika di akun blanja.com, affordance yang termasuk dalam hal ini yaitu icon yang menggambarkan suatu perangkat handphone yang berarti ketika user klik gambar itu, maka website tersebut akan menunjukkan perintah untuk mendownload aplikasi via mobile
4.
Constraint
contoh constraint yang terdapat pada website elevenia.co.id pada proses register adalah keterangan akan muncul ketika pengguna memasukkan suatu isian yang salah pada suatu field. Contoh : user sengaja memasukkan email dengan format yang salah yaitu hanya memasukkan huruf saja. Ketika user beralih pada field berikutnya, maka pesan untuk pencegahan error baru tampil. Jadi dalam hal ini, pencegahan error akan tampil setelah user melakukan suatu aksi.
Contoh constraint atau batasan yang terdapat pada website blanja.com salah satunya adalah pada saat user melakukan proses registrasi. Ketika user akan memasukkan atau mengisi field username, aplikasi menampilkan keterangan bahwa batas panjang yang digunakan adalah 5 hingga 35 karakter serta aturanlain yang tertera untuk memenuhi kriteria username yang seharusnya dipergunakan. Jadi pada aplikasi blanja.com, pesan untuk pencegahan error tampil sebelum user melakukan suatu aksi
5.
Mapping
Mapping yang digunakan pada web ini sama halnya dengan website ecommerce lainnya. Contohnya, terdapatnya fitur kategori yang menampilkan seluruh kategori belanja yang berada pada bagian kiri atas website e-commerce yang ketika user mengklik lihat kategori, maka akan menampilkan seluruh kategori secara menurun
Sama halnya dengan website e-commerce lainnya, mapping yang disajikan pada website blanja.com pun serupa. Yaitu terdapatnya fitur untuk melihat all category yang terdapat pada bagian kirri atas website yang ketika user memencet itu, makan seluruh kategori yang tersedia kan ditampilkan secara menurun
6.

Consistency
Terdapatnya fitur cart pada bagian kanan atas yang terdapat pada setiap halaman di website elevenia.com yang berisi list daftar keranjang belanja.


Pada website blanja.com juga serupa. Terdapatnya fitur cart pada setiap halaman.

Usability Design

Elevania 

-          Jika pada halaman utama ada review produk terdapat tombol lingkaran kecil jika user memindahkan cursor ke ikon buletan tersebut akan berpindah kekanan jadi user tidak harus memencet tombol buletan tersebut.

-          Disebelah kanan tampilan terdapat kotak hitam yang memiliki fitur wistlist,my view, dan back to top.fitur tersebut jika user mengklik akan loncat ke halaman lainnya

Blanja.com

-          Jika user meng-klik salah satu produk, di atas produk terdapat tulisan pilihan yang langkah-langkah user dari mulai halaman home hingga ke produk. Jadi user bisa memilih jika ingin kembali kemana.

-          Dibawah gambar produk terdapt ikon media sosial yang dapat menshare keberbagai media sosial yang user punya jika user memencet ikon tersebut akan dapat menshare ke berbagai media sosial tersebut.

User Experience


Elevania

-          Dalam Elevania terdapat fitur rating pada setiap produknya dari seller sehingga user dapat mengetahui berapa ratting jika ingin membeli produk.dan dalam website elevania terdapat menu kirim pesan sehingga user dapat berhubungan dengan seller lalu didalam website ini juga bisa ditambahkan ke favorite jadi produk tersebut tersimpan dikeranjang user.

Blanja.com

-          Dalam website Blanja jika user ingin membeli produk user harus registrasi dahulu jika belom punya id. Jika user sudah bikin id langsung akan muncul notifikasi bahwa telah selesai menyelesaikan registrasi dan bahwa user bisa berbelanja.


0 comments:

Post a Comment